Pemko Payakumbuh Raih Penghargaan Penyelenggaraan Statistik Sektoral dari BPS

23

Payakumbuh – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh meraih penghargaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat setelah mendapatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2,69 atau predikat baik.

Penghargaan yang diserahkan Plh Sekda Sumbar Erinaldi dan Kepala BPS Sumbar Sugeng Arianto dan diterima langsung oleh Plt Asisten II Pemko Payakumbuh Wal Asri yang mewakili Pj Wali Kota usai Pelaksanaan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96 di Kantor Gubernur Sumatera Barat, Senin (28/10/2024).

“Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan penghargaan dari BPS Sumbar atas pelaksanaan statistik sektoral pada tahun 2024,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh terus mengupayakan penyelenggaraan statistik sektoral di Kota Randang dengan keakurasian data.

“Semoga dengan penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah di Payakumbuh untuk penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral,” ungkapnya.

BPS Provinsi Sumatera Barat memberikan penghargaan kepada lima pemerintah kabupaten/kota yang memperoleh nilai IPS dengan predikat baik , yakni Pemko Payakumbuh, Pemkab Agam, Pemkab Pasaman, Pemkab Sijunjung, dan Pemko Solok.

Disampaikannya bahwa peran statistik sangat penting bagi pemerintah dalam membuat kebijakan, pengambilan keputusan hingga untuk pembangunan nasional.

“Statistik tidak hanya terpaku pada angka-angka melainkan data yang diolah untuk menjadi informasi yang berguna, membantu untuk mencapai kemajuan yang lebih baik,” katanya. (Humas)