Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Payakumbuh: Momentum Pemuda untuk Membangun Bangsa

13

Payakumbuh—Berlangsung khidmat, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 pada Senin (28/10/2024) di Halaman Balai Kota Payakumbuh.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno dan pemimpin upacara M. Ariful Fikri dari KNPI Kota Payakumbuh. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, diikuti pembacaan teks Pancasila, naskah pembukaan UUD 1945, keputusan kongres pemuda Indonesia 1928.

Turut hadir jajaran Forkopimda Kota Payakumbuh, pimpinan instansi vertikal, pimpinan OPD, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, serta perwakilan pelajar dan mahasiswa se-Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Pj Wako Payakumbuh yang membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga menekankan pentingnya nilai-nilai sumpah pemuda 1928 untuk memperkuat kesadaran dan karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi perubahan yang cepat.

“Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 ini harus selalu didengung-dengungkan untuk menguatkan karakter bangsa,” tegasnya.

Peringatan tahun ini bertepatan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mewujudkan target pembangunan jangka menengah dan panjang menuju Indonesia Emas 2045. Pemuda Indonesia diharapkan berperan aktif dalam berbagai sektor pembangunan, termasuk agenda SGDs (Sustainable Development Goals) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan,” ujarnya.

Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2024 mencapai 56,33 persen, dengan rincian capaian domain Pendidikan 70,00 persen, Kesehatan dan Kesejahteraan 65,00 persen, Gender dan Diskriminasi 53,33 persen, Lapangan dan Kesempatan Kerja 45,00 persen, serta Partisipasi dan Kepemimpinan 43,33 persen.

“Upaya peningkatan IPP harus dilakukan secara sinergis antara pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media,” tambahnya lagi.

Dengan tema “Maju Bersama Indonesia Raya”, upacara ini menyerukan peningkatan pelayanan kepemudaan yang sinergis di tingkat pusat dan daerah.

Dikatakan Suprayitno, Pemerintah Daerah memainkan peran penting melalui kebijakan dan program kepemudaan yang berkesinambungan serta Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan.

“Peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan,” ujar Pj Wako Payakumbuh.

“Pada momentum peringatan hari sumpah pemuda ini, marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Pemko Payakumbuh juga menyerahkan sejumlah penghargaan. Yakni penghargaan untuk Juara 1 Seleksi Nasional Pertukaran Pemuda Antar negara dan Utusan Provinsi Sumatera Barat untuk program pertukaran pemuda Indonesia-Australia tahun 2024 Putri Aulia Azzahra.

Selanjutnya, Juara 1 PGAWC/Paragliding Accuracy World Cup di Lombok Jordi Ansyah R, Juara 1 AFA/Asian League di Lombok Abdurrahman Hidayat, Juara III AFA/Asian League di Lombol Nurhakim, dan Juara 1 Southeast Asian Karate Federation Championships di Bangkok Thailand Zahratus Syifa.

Diserahkan pula penghargaan untuk 11 orang anggota TIM Gala Siswa Indonesia (GSI) Kota Payakumbuh yang telah berlaga di tingkat nasional. (Humas)