Animo Warga Untuk Vaksin Tinggi, dr. Bek : Semoga Kota Payakumbuh Segera Jadi Zona Hijau

61

Payakumbuh — Bertempat di Puskesmas Padang Karambia, kecamatan Payakumbuh Selatan, vaksinasi dalam mencegah penularan wabah Covid-19 yang berlangsung pada Selasa (6/7) itu sangat diminati warga. Hal ini terlihat dengan banyaknya warga yang datang untuk melakukan vaksin Covid-19 di Puskesmas yang juga berada satu gedung dengan kantor dinas Kesehatan Kota Payakumbuh itu.

Saat ditemui media disela waktu vaksin berlangsung, kepala dinas Kesehatan kota Payakumbuh dr. Bakhrizal mengatakan warga yang datang untuk vaksin kali ini sungguh diluar perkiraan, dimana sampai waktu jam 11 siang ini sudah ada sebanyak 146 warga yang sudah mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19. Dan untuk pendaftar yang sudah terdaftar untuk ikut vaksin sudah mencapai angka 205 orang”, ungkap dr. Bek sapaan akrab Kadis tersebut.

Menurut dr. Bek, setelah Pemko Payakumbuh melaunching gebyar vaksinasi sebelumnya, dinas kesehatan kota Payakumbuh terus gencar lakukan vaksinasi setiap hari.

“Dan tentu dengan ini kami bersama tim kesehatan kota terus mengejar untuk dapat melakukan vaksinasi terhadap seluruh warga kota Payakumbuh agar penularan wabah virus covid-19 ini dapat kita hentikan”, ujarnya melanjutkan.

Tingginya animo warga untuk melakukan vaksin Covid-19 membuat Kadis itu sangat senang, karena dengan semangatnya warga kota Payakumbuh untuk ikut vaksinasi, tentu kedepannya kota Payakumbuh akan bisa memasuki zona hijau yang berarti kota Payakumbuh telah bebas dari penularan wabah virus covid-19.

“Dan pada hari ini, kita membuka 6 titik lokasi vaksin untuk dapat memenuhi keinginan warga yang ikut mensukseskan gebyar vaksinasi ini”, kata dr. Bek.

Senada dengan dr. Bek, kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus menyampaikan apresiasi terhadap warga kota Payakumbuh yang semangat dan mau untuk terbebas dari wabah virus Covid-19.

“Dalam pemberian vaksin ini, kami tidak langsung memberikannya begitu saja, dimana bagi warga yang hendak divaksin terlebih dahulu mereka diperiksa kesehatannya, hal ini seperti konsultasi kesehatan bersama petugas, serta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah, jika warga yang telah diperiksa dinyatakan layak divaksin, maka warga tersebut baru dapat diberikan vaksin”, ungkap Irvan.

Irvan turut menyampaikan bahwa vaksinasi kali ini banyak diikuti oleh para pemuda. Menurut Irvan para pemuda ini mau dan semangat untuk ikut vaksin karena khawatir akan tingginya penyebaran dan bahayanya wabah virus covid-19.

“kita dari pihak puskesmas biasanya hanya menyediakan dosis vaksin untuk 100 orang perhari, tapi pada hari ini karena tingginya animo warga yang ingin ikut vaksin, kami telah menyediakan 300 dosis vaksin untuk puskesmas Padang karambia”, tukas Irvan.