Gencarkan Promkes, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh gelar sosialisasi pembuatan media Promkes bersama Dinas Kominfo Kota Payakumbuh

41

Payakumbuh — Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelola program promosi kesehatan di Kota Payakumbuh, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh mengadakan Sosialisasi pembuatan media promosi kesehatan yang digelar di Aula Kominfo lantai 3 kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(9/6).

Acara sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kabid Pemberdayaan Promosi Sumber Daya Kesehatan (P2SDK) Loli Fitri didampingi oleh Kabid Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Aulia Fajrin dan Kasi Promkes Herlina.

Kabid P2SDK Loli Fitri mengatakan tujuan dari kegiatan sosialisasi kali ini adalah bagaimana cara membuat media informasi bagi tenaga promkes. Tenaga promkes akan dibekali ilmu yang dapat diterapkan melalui media poster dan media lainnya sehingga promosi kegiatan kesehatan ini diminati masyarakat.

“Melalui media poster ataupun media online lainnya kita harapkan tenaga promkes dapat memberikan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat yang dikemas secara menarik dan lebih modern sehingga tujuan akhirnya adalah adanya perubahan prilaku dari masyarakat untuk tetap sehat,” Ujar Loli

Senada dengan Loli, Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh dalam hal ini diwakili Kabid Humas Aulia Fajrin mengatakan kegiatan kali ini adalah sharing informasi dalam pembuatan media promosi kesehatan untuk masyarakat dimana saat ini teknologi berkembang pesat dan untuk mengadakan promosi kesehatan khususnya dimasa pandemi covid 19 seperti saat ini lebih cepat tersalurkan melalui media, apalagi pertemuan tatap muka terbatas.

Pada kesempatan ini, Kabid Humas menyertakan 2 orang anggota yang sudah terbiasa dengan hal desain dan editing, yaitu saudara Dedi Irsyadi dan Iskandar Zulkarnain. Nanti secara teknis akan dipaparkan bagaimana pengelolaan dan pembuatan konten dalam menyebarluaskan informasi ke publik.

Dijelaskan fajrin di bidang kehumasan, setiap kegiatan sudah kami bagi dan kelompokkan sehingga setiap pekerjaan sudah ada yang menghendel masing-masing kegiatan. Mulai dari videografer, fotografer, editor, dan reporter. Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini diharapkan sharing informasi yang kita lakukan tujuan akhirnya adalah sebuah media informasi kepada masyarakat Payakumbuh yang mudah dipahami dan diterapkan sehingga menjadikan masyarakat lebih peduli kepada kesehatan, terutama memberikan edukasi kepada masyarakat terkait banyaknya hoax yang beredar terkait covid-19 dan vaksin. pungkas Fajrin

Pada kesempatan yang sama, Kadis kesehatan Dr. Bakhrizal juga menyempatkan hadir untuk memberikan motivasi dan masukan bagi tenaga Promkes Kota Payakumbuh. dr. Bakhrizal menjelaskan dalam kegiatan sosialisasi ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, supaya setiap tenaga Promkes handal dan mampu mengemas suatu pemberitaan kepada masyarakat lebih menarik, tentunya dengan mempelajari teknis pembuatan media promosi ini.
Alhamdulillah, tenaga promkes dinas kesehatan berperan aktif dalam menyosialisasikan dan memberikan informasi kesehatan bagi masyarakat, terlebih disaat pandemi covid-19 ini. Terimakasih kami ucapkan kepada dinas Kominfo Kota Payakumbuh atas kerjasamanya.