Jelang Pencanangan Senin Depan, 220 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Kota Payakumbuh

120

Payakumbuh — Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumhuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi sarat.

Vaksin COVID-19 yang diangkut menggunakan mobil operasional Instalasi Farmasi Dinkes Kota Payakumbuh itu tiba di Instalasi Farmasi Dinkes Kota Payakumbuh, Kelurahan Ibuah sekitar pukul 14.30 WIB. Mobil tersebut dikawal anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang yang dipimpin oleh Danyon B Kompol Subagyo.

Ribuan vaksin buatan China itu langsung diterima oleh Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Kota Payakumbuh Hasanah Azera, dan juga disaksikan oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh Budhy D. permana, Kasat Intelkam Luhur Fachri Utomo beserta jajaran kepolisian Polres Payakumbuh dan Kepala BPOM Kota Payakumbuh Iswadi.

Vaksin COVID-19 tersebut langsung disimpan di gudang vaksin milik Instalasi Farmasi Dinkes Kota Payakumbuh dengan suhu  5,4 derajat celcius dengan batas aman 2-8 derjat celcius.

“Untuk penyuntikannya terhadap satu orang akan dilakukan dua kali vaksin dengan rentang waktu penyuntikan yang pertama dan kedua selama 14 hari,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bakhrizal kepada media di Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuah, Rabu (27/01) Siang.

Bakhrizal mengatakan untuk tahap dua nanti akan dilakukan vaksinasi untuk TNI/Polri, pejabat publik lainnya termasuk tokoh masyarakat dan tahap selanjutnya baru masyarakat Kota Payakumbuh.

Sementara itu Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh Budhy D. Permana mengatakan melihat situasi Kota Payakumbuh saat ini berada dalam situasi aman dan terkendali.

“Kita imbau kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh agar jangan menyerabarkan informasi Hoaks kepada masyarakat, yang ditakutkan akan menimbulkan kekacauan saat vaksinasi nantinya,” pungkasnya.

Untuk pengamanan sendiri Kasat Intelkam Luhur Fachri Utomo mengatakan akan melakukan pengamanan selama 24 jam sampai proses vaksinasi selesai.

“Tempat Penyimpanan akan dijaga oleh 2 orang personil dari Polres Kota Payakumbuh setiap harinya agar prosesnya berjalan dengan aman nantinya,” pungkasnya.