Membangkitkan Semangat Kewirausahaan Melalui Industri Kreatif

90

Gudang Kreatif merupakan singkatan dari Generasi Muda Minang Kreatif terbentuk pada Tahun 2011 yang berlokasi di Jln. Jeruk Kel. Kubu Gadang Kec. Payakumbuh Utara (Dekat Kampus Unand),yang merupakan komunitas kreatif yang didalamnya adalah anak-anak muda Payakumbuh yang memiliki semangat kewirausahaan yang dituangkan dalam bentuk industri kreatif yang dikemas menjadi bernilai profit

Awal terbentuknya komunitas ini merupakan gagasan bersama yang terdiri dari
keadaan dimana sulitnya mencari lapangan pekerjaan dan bentuk kepedulian sosial dimana
banyaknya terjadi hal-hal negatif dilingkungan yang merusak generasi muda Payakumbuh seperti halnya Narkoba, Pergaulan bebas dan tindakan kriminalitas dia usia remaja.
Oleh karenanya tujuan utama dari komunitas ini adalah suatu wadah yang dapat membangkitkan dan mengekspresikan kreatifitas anak-anak muda untuk dapat belajar, berkarya dan bernilai usaha.

Dalam hal ini bentuk kreatifitas yang dihasilkan beragam dengan kemampuan anggota yang beragam pula diantaranya Sablon baju, sepatu lukis, air brush, modifikasi motor, kerajinan tangan, interior toko, grafity, bordiran, cutting stieker dan lainnya.
‘’Kalau di jogja kita mengenal Kaos DAGADU, dibali Kaos JOGGER dibandung IWAK BANDENG lalu diPayakumbuh ? nah inilah mungkin salah satu peluang usaha yang mungkin bisa jadi brand kota Payakumbuh’’ kita harus punya brand sendiri.

Dikomunitas ini tidak tertutup siapa pun untuk bergabung, saat ini sudah beranggotakan 11 orang dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang putus sekolah, anak-anak punk, pengangguran dan seniman. Alhasil mereka yang pernah bergabung rata-rata sudah memiliki usaha mandiri bahkan sudah memiliki brand sendiri dapat dilihat pada instagram (@streetwearotherside) dan itulah target yang akan dicapai, sehingga menciptakan peluang-peluang bisnis bagi generasi muda untuk berusaha
menciptakan lapangan kerjanya sendiri dan mampu membantu saudara-saudara muda lainnya.