Pemerintah Kota Payakumbuh Terima Kunjungan Dari Pasis Negara Sahabat Sesko Mabes TNI Di Sentra IKM Randang

75

Payakumbuh — Merujuk surat dari Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Sekolah Staf Komando (Sesko) dengan nomor B/950-12/10/23/Sesko, perihal permintaan berkunjung dari rombongan Direktorat kerjasama akademik sesko TNI ke sentra IKM randang kota Payakumbuh pada Senin 3 Mei 2021.

Kunjungan yang bertujuan untuk pengenalan budaya daerah bagi perwira siswa (pasis) negara sahabat itu membawa sebanyak tujuh orang dalam rombongan yang terdiri dari perwakilan empat negara, yakni Kolonel Tek. Dr. Verry, S.T, M.T, Dedi Triyatna, S.Pd, Agus Heri Setiono (Indonesia), Lt. Colonel Army Muhammad Waqas Arif (Pakistan), Colonel Army Ahmad Nazib bin Othman (Malaysia), Colonel Army Chee Peter (Singapura), dan Lt. Colonel Army Ndramanoro Hobindraza Donatien (Madagaskar).

Kedatangan tim dari Akademik Sesko TNI disambut langsung wakil walikota Erwin Yunaz bersama kepala dinas Tenaga Kerja dan Industri Wal Asri, kepala dinas Pariwisata Desmon Korina dan kepala UPTD Sentra IKM Randang kota Payakumbuh Novit Ardi bersama jajaran.

Diawal kedatangannya di Sentra IKM Randang kota Payakumbuh, Wawako Erwin Yunaz langsung membawa rombongan berkeliling kedapur pengolahan pembuatan Randang.

Puas setelah berkeliling untuk melihat dan mendengar pemaparan tentang situasi dan kondisi sentra IKM Rendang dari Wawako Erwin Yunaz, rombongan langsung diajak ke aula pertemuan lantai II dinas tenaga kerja dan industri kota Payakumbuh.

Sesampainya di aula pertemuan, Wawako Erwin Yunaz katakan jika Sentra IKM Rendang terbuka untuk dikunjungi bagi siapa saja, tapi karena sedang terjadi pandemi wabah virus Covid-19 maka kunjungan agak diperketat sekarang.

“Di masa pandemi ini sesuai arahan dan aturan seluruh tamu yang akan berkunjung dan memasuki ruang produksi harus di terapkan protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Erwin Yunaz kepada tamu dari Sesko Mabes TNI.

Pusat Sentra IKM Randang juga mempunyai galeri, galeri tersebut diberi nama Galeri The City Of Randang, disini tersedia segala macam produk IKM Sentra rendang, ada 9 varian randang diantaranya randang daging, randang paru basah, randang paru kering, randang telur, randang belut, randang jamur, randang jengkol, rendang suir, semua tersedia di sini.

“Disamping itu juga ada produk-produk olahan dari IKM yang ada di Kota Payakumbuh seperti kerupuk sanjai, pisang salai, karak kaliang, dan lain sebagainya,” ujar Erwin.

Dalam safari pengenalan budaya daerah dari pasis negara sahabat di Sentra IKM Randang, ketua rombongan Kolonel Tek. Dr. Verry, S.T, M.T yang menerima pemaparan lugas dari Erwin Yunaz menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang telah menerima kunjungannya ke Sentra IKM Randang Payakumbuh, menurutnya banyak informasi yang telah didapat selama melakukan kunjungan dalam agenda pengenalan budaya daerah pada pasis sahabat negara dan siap untuk menjalin kerjasama kedepan dengan Pemko Payakumbuh.

“Walaupun pemaparannya singkat tapi kami puas. Saya mewakili dari pihak TNI akan menyampaikan suara kepada pimpinan untuk dapat menjalin kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh dalam pemenuhan kebutuhan logistik rendang di korps TNI nantinya,” tukas Verry mengakhiri.