Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Penilaian FKS Tahun 2021

59

Payakumbuh — Bertempat di Aula pertemuan Ngalau Indah Lantai III Kantor Walikota Payakumbuh, Rabu (18/3/2021) dilaksanakan rapat persiapan penilaian Kota Sehat tingkat Nasional. Acara yang dipimpin Asisten III bidang administrasi umum Setdako Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang ini merupakan komitmen bersama seluruh organisasi Perangkat Daerah di kota Payakumbuh untuk menyukseskan Penilaian Kota Sehat tingkat Nasional.

Pemerintah Kota Payakumbuh berupaya dan optimistis dapat mempertahankan penghargaan tingkat nasional sebagai Kota Sehat Tahun 2021.

Berbagai persiapan telah dilakukan menjelang verifikasi kota sehat tahun 2021 oleh seluruh tim dari Organisasi Perangkat Daerah dan dari Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh.

Keyakinan meraih penghargaan Kota Sehat 2021 tak lepas dari torehan penghargaan Swastisaba Wistara yang telah diraih Kota Payakumbuh selama 6 (enam) kali berturut-turut sejak tahun 2009.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten III Amriul menekankan kepada OPD yang menjadi pembina teknis untuk memfasilitasi semua yang berkaitan dengan penilaian Kota Sehat tingkat nasional tahun 2021.

“tadi telah dibacakan hasil evaluasi tanggung jawab masing-masing siapa, dan kita tentu harus berkomitmen bersama untuk membenahi kekurangan-kekurangan yang ada,” ungkap Amriul.

Amriul juga menekankan agar kekurangan dalam penilaian nanti tidak hanya tambal sulam sehingga dalam pelaksanaan penilaian tidak cocok antara dokumen dan titik pantau sebagai tempat penilaian.

Dalam Kesempatan itu pula, kepala dinas Kesehatan Kota Payakumbuh melalui Sekretaris A. Arifianto menekankan kepada seluruh tim untuk dapat menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kita hanya harus membenahi kembali atas kekurangan dan titik tambahan penilaian nantinya. Saya optimis, Kota Payakumbuh akan kembali mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2021,” ucapnya.

Sementara itu, Forum Kota Sehat (FKS) Kota Payakumbuh, menyampaikan evaluasi dan kekurangan beberapa titik pantau yang menjadi objek penilaian atau verifikasi Kota Sehat 2021.

“Dan agar dapat mempertahankan penghargaan  terbaik yang telah kita raih selama ini tentu hal ini akan cukup berat bagi kota semua dalam meraihnya kembali pada penilaian kota sehat tahun 2021 ini. Dan untuk itu, maka tentu butuh dukungan dan arahan dari OPD terkait agar Swastisaba Wistara kembali ke kota Payakumbuh di tahun 2021,” kata Ketua FKS Kota Payakumbuh, Amrizal Jufri.

Amrizal berharap dukungan dari beberapa pihak dan OPD pembina semaksimal mungkin sehingga penilaian yang akan dilaksanakan sesuai dengan dokumen yang sudah lolos.