Petugas RSUD Adnaan WD Payakumbuh Ikuti In House Training Bantuan Hidup Dasar

39

Payakumbuh — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Adnaan WD Payakumbuh menyelenggarakan in house training BHD (Bantuan Hidup Dasar) kepada ratusan petugas medis dan non medis.

Acara ini digelar di lantai 2 gedung Kemuning mulai tanggal 23 Juni 2021 sampai 2 minggu ke depan oleh tim BHD RSUD yang diketuai oleh dr. Adefri Wahyudi bersama tim hebatnya dr. Indra Fahlevi, Ns. Yulia S.Kep, Ns. Yenmerry S.Kep, Samiati S.Si.T, Ns. Erni Djaya S.Kep, Ns. Novera Akmal S.Kep, dan Ns. M.Idral, S.Kep.

Dalam sambutannya, Rabu (23/6), Asmarini S.Farm. Apt selaku Kabid SDK dan Humas RUSD Adnaan WD menyampaikan BHD ini sangat penting dan perlu dikuasai oleh seluruh petugas RS dan bisa dipraktekkan untuk memberikan pertolongan pertama dilingkungan RS ataupun di lingkungan sendiri.

“Pelatihan ini dibagi 2 metode yaitu teori dan praktek, Ujar asmarini.

Dalam pemberian materi, dr. Indra Fahlevi menjelaskan BHD adalah serangkaian tindakan yang berfungsi sebagai manajemen awal atau pertolongan pertama pada orang yang mengalami kondisi mengancam jiwa penurunan kesadaran, henti nafas, dan henti jantung.

“Tujuannya pelatihan BHD adalah mencegah berhentinya sistem pernafasan atau sistem perdaran darah, memberikan bantuan external terhadap sistem pernafasan atau sistem peredaran darah melalui Resusitasi Jantung Paru (RJP), menyelamatkan nyawa korban, mencegah kecacatan,” paparnya.

“Melalui pelatihan BHD ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kami dalam memberikan pelayanan kegawat daruratan sebagai petugas RS menjadi lebih baik,” ujar salah satu peserta pelatihan BHD, Dilla.