Wako Riza: Layanan Publik untuk Kesejahteraan Warga

185

Payakumbuh — Aparat pemerintah adalah abdi masyarakat. Untuk itu, layanan harus diberikan sebaik mungkin dan memenuhi kebutuhan warga. Hal inilah yang selalu diupayakan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Tidak hanya kecepatan dan kualitas layanan, kami juga memperhatikan keramahan pegawai, pakaian yang mereka gunakan, bahkan kami minta mereka menggunakan parfum. Intinya warga harus nyaman,” ujar Walikota Payakumbuh, Riza Falepi saat dihubungi, Rabu(11/3/2020).

Selain pembenahan sistem, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, pembinaan berkala selalu dilakukan kepada sekitar 3.000 aparat pemerintah kota. Sebagai Walikota Riza turun langsung ke lapangan, mengecek, dan memastikan layanan berjalan dengan baik.

“Untuk pembuatan akta kelahiran misalnya, kami di Payakumbuh melakukan ‘jemput bola’. Aparat mendata dan mendatangi keluarga yang anaknya belum punya akta. Pembuatan KTP juga cepat, paling lama 15 menit selesai. Layanan air bersih juga bisa dikatakan sudah menjangkau 100 persen warga,” ujar Riza.

Layanan perizinan di Payakumbuh juga berjalan dengan baik. Kota ini, melalui Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP), pernah mendapat penghargaan Investment Award karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam pengelola investasi dan perizinan. “Ini menunjukkan perizinan di Kota Payakumbuh adalah salah satu yang paling sesuai dengan standar yang ditetapkan BKPM,” kata Riza.

Untuk lebih meningkatkan pelayanan, Pemerintah Kota Payakumbuh juga telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di kantor Walikota Payakumbuh. Terbukti setelah di launcing 17 Desember lalu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Payakumbuh mencatat ada 5.413 orang masyarakat yang telah menikmati pelayanan di MPP tersebut.

“Sampai Februari lalu ada 5.413 orang masyarakat yang mengunjungi MPP. Berarti rata-rata kunjungan setiap harinya 270,65 orang,” kata Kepala DPMPTSP Harmayunis.

Muara layanan publik menurut Riza adalah bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi kota menjadi lebih baik lagi merupakan sebuah PR penting. “PR kita saat ini adalah menciptakan basis-basis pertumbuhan ekonomi baru. Ini tantangan kita ke depan,” ujarnya.