Wawako Erwin Hadiri Special Call ORARI, Meriahkan HUT-50 Tahun Kota Payakumbuh

194

Payakumbuh — Wakil Walikota Payakumbuh Hadir dalam Undangan Special Call ORARI Lokal Payakumbuh, di Perumahan Talang Indah, Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat, Sabtu(12/12). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Payakumbuh yang ke 50.

Pada kegiatan ini hadir Ketua Pelaksana ORARI Yohani Munir, Ketua Pengawas dan Penasehat Dasrinin, Plt ketua ORARI Lokal Payakumbuh Iwan, serta ORARI se Sumatera Barat.

Orari merupakan Organisasi Amatir Radio, yang bergerak di bidang Komunikasi mempergunakan gelombang radio. Orari merupakan wadah bagi masyarakat yang  memiliki hoby komunikasi radio dan teknik elektronika.

Orari merupakan organisasi tunggal bagi segenap amatir radio di Indonesia diatur oleh PP 21 Tahun 1967 tentang Radio Amatirisme Indonesia dan Peraturan Menteri Kominfo No 17 tahun 2018 tentang kegiatan amatir radio dan komunikasi radio antar penduduk.

Special Call yang di jadikan kegiatan hari ini dan seterusnya dalam rangka menyambut HUT Ke-50 Kota Payakumbuh tentunya sebuah pergerakan baru bagi Kota Payakumbuh.

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Erwin Yunaz menyampaikan, “Membuat sebuah impian 50 tahun Kota Payakumbuh, ┬ákita sudah mewujudkan Emergency Rescue, 112 menjadi Call nya, ini terinspirasi rata-rata Negara maju bahwa pelayanan yang jadi utama. Emergency Rescue akan kita kelola dengan semua energi dari Kepolisian, Kesehatan Dan Damkar.”

Pemerintah Kota Payakumbuh sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Orari Payakumbuh. “Kita dukung kegiatan ini, mudah-mudahan kedepan Orari Payakumbuh dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan dan perkembangan Kota Payakumbuh, terutama bidang kebencanaan dan informasi-informasi kedaruratan lainnya,” tambah Erwin.

Sementara itu Ketua Pengawas dan  Penasehat Dasrinin mengungkapkan Orari Indonesia juga merupakan anggota Internasional Amateur Radio Union, organisasi Amatir Radio dunia.

“Tujuan dari Orari (Organisasi Amatir radio Indonesia) adalah bagaimana agar anggota Orari terampil dalam komunikasi radio dan teknik elektronika radio untuk kepentingan negara. Jadi negara dapat memanfaatkan Orari baik dalam situasi darurat, bencana alam maupun kegiatan sosial seperti kegiatan Spesial Call dalam rangka HUT Kota Payakumbuh. Dalam situasi darurat atau bencana, Orari mempunyai peranan penting disaat komunikasi digital down, Orari jadi ujung tombak menyampaikan berita darurat maupun informasi situasi di daerah bencana,” kata Dasrinin

“Orari ini tempat berhimpunnya amatir radio , melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap radio amatir, memberikan dukungan komunikasi radio dalam tanggap darurat bencana” tutup Dasrinin.