Wawako Erwin Yunaz Salurkan Bantuan Bareng PUSLIK SiCovid-19 Labuah Basilang

264

Payakumbuh — Wakil Wali Kota Erwin Yunaz meninjau Pusat Layanan Informasi & Koordinasi Siaga Covid-19 (PUSLIK SiCovid-19) yang berada di Kelurahan Labuah Basilang, Senin (27/4).

Didampingi Lurah Nazril Ardi Wiranata, Ketua Karang Taruna Sunrise Gifari, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan ibu-ibu PKK, orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu sekalian turun menyalurkan 37 paket bantuan dari donatur Labuah Basilang yang dikembalikan ke warga Labuah Basilang melalui Puslik Sicovid-19.

Diterangkan Lurah yang akrap disapa Eji ini, PUSLIK SiCovid-19 ini memang agak berbeda dari Posko Mandiri Covid lainnya dimana lurah dan jajarannya memadupadankan antara informasi tentang Covid-19, para pendatang, dan juga Aksi Peduli Berbagi melalui Gerakan Lumbung Pangan Masyarakat.

“PUSLIK memang tidak buka 24 jam seperti Posko Covid lainnya karena kami lebih memanfaatkan sistem Perang Zaman dulu yaitu pola stellsell. Artinya kami membangun sel-sel informasi langsung di RT dengan melaporkan cepat setiap ada pendatang baru di Kelurahan. Bahkan masyarakat kami minta pro aktif untuk melaporkan via WA kepada RT atau Lurah kalau ada tetangganya yang kedatangan tamu. Alhamdulillah kontrol sosial ini sangat ampuh untuk deteksi dini pendatang dari luar daerah,” terang Lurah.

Untuk “Gerakan Lumbung Pangan Masyarakat” sendiri sengaja dibuat atas inisiatif bersama dengan LPM, RT, Karang Taruna dan juga masyarakat yang peduli untuk membantu sesama.

Wawako Erwin Yunaz memberikan apresiasi kepada warga Labuah Basilang yang dan sangat berterimakasih sekali dengan adanya gerakan Lumbung Pangan ini, sehingga bisa membantu masyarakat yang sedang kesulitan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Pemerintah saja tentu tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat. Melalui gerakan ini setidaknya sudah membantu pemerintah dalam mengatasi satu masalah bersama,” kata Erwin Yunaz.